Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako)
Vol. 8 No. 1 (2022)

PENGARUH EDUKASI LEAFLET TERHADAP PERILAKU MENGGUNAKAN MASKER DAN CUCI TANGAN (SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI KELURAHAN LOKTABAT UTARA)

Torizellia, Cast (Unknown)
Wahyunita, Sari (Unknown)
Nasrullah, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Covid-19 Indonesia sebanyak 418.375 kasus (WHO, 2020). Kasus positif Covid-19 di Kalimantan Selatan sebanyak 11.924, kasus positif di Kota Banjarbaru sebanyak 1.135 dan kasus positif terbanyak di Kelurahan Loktabat Utara berjumlah 142 kasus (Dinkes Kota Banjarbaru, 2020). Metode Didaktik adalah metode penyuluhan dilakukan satu arah oleh pemateri kepada peserta tanpa memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengemukakan pendapatnya. Salah satu media metode didaktif yang digunakan pada penelitian ini adalah leaflet. Penelitian ini adalah penelitian Pre-experimental dengan rancangan penelitian one-group pre-post test design. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat di Kelurahan Loktabat Utara bulan Februari-Mei 2021. Populasi penelitian ini berjumlah 1.616 jiwa. Teknik pengambilan sampel dengan sampling aksidental berjumlah 94 orang. Hasil penelitian menunjukkan perilaku masyarakat Kelurahan Loktabat Utara sebelum diberikan edukasi leaflet ialah kategori tepat sebanyak 44 orang (46,8%). Kategori tepat Sesudah diberikan edukasi leaflet tentang menggunakan masker dan cuci tangan perilaku masyarakat Kelurahan Loktabat Utara meningkat menjadi 71 orang (75,5%). Terdapat pengaruh perilaku sebelum dan sesudah diberikan edukasi leaflet di Kelurahan Loktabat Utara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

htj

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako) merupakan media komunikasi dan publikasi ilmiah di bidang ilmu kesehatan yang diterbitkan oleh Unit Penjaminan Mutu Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako yang. Jurnal ini terbit secara berkala 4 kali dalam setahun (Januari, April, Juli dan ...