Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada pokok bahasan statistika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Swadaya Tinggi Raja pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu terhitung mulai tanggal 21 Februari 2021 s.d 04 Maret 2021. Dengan subjek penelitian adalah siswa SMA Swasta Swadaya Tinggi Raja kelas XII yang berjumlah 20 orang. objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Berdasarkan hasil penelitian ini pelaksanaan tindakan pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus. Setelah dilakukan tindakan dengan kooperatif tipe STAD terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil tindakan diperoleh peningkatan rata- rata hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada pokok bahasan statistika sebesar 70,79 pada siklus pertama menjadi 80,83 pada siklus kedua. Dan ketuntasan klasikal sebesar 70 % pada siklus pertama menjadi 90% pada siklus kedua. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada pokok bahasan statistika. Dan pembelajaran kooperatif Tipe STAD layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran disekolah SMA Swasta Swadaya Tinggi Raja.
Copyrights © 2021