cover
Contact Name
Asrar Aspia Manurung
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+628116311985
Journal Mail Official
tsaqilajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi
ISSN : -     EISSN : 28076273     DOI : https://doi.org/10.30596/tjpt
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi [TJPT] merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara untuk meningkatkan kemampuan dosen, peneliti dalam menulis dan meneliti dalam bidang pendidikan. dengan adanya jurnal ini, diharapkan menjadi wadah dalam mempublikasikan hasil karya baik penelitian maupun non penelitian. Jurnal ini pertama kali diterbitkan pada Juli 2021. Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi [TJPT] dengan akses terbuka dan peer-review. Rekomendasi oleh Editor tentang isu-isu Pendidikan tertentu yang akan dibahas dalam setiap volume dapat tersedia bagi calon kontributor untuk penerbitan volume pada bulan Juli dan Desember
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 25 Documents
Implementasi Sekolah Berbasis Kearifan Lokal Di SMA Negeri 1 Bandar Dewi Gustina
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.182 KB)

Abstract

Sehubungan dengan tuntutan kearah profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan, maka semakin dirasakannya desakan untuk peningkatan mutu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan yang telah menjadi komitmen pendidikan nasional. Isu klasik yang selalu muncul selama ini ialah : usaha apa yang paling tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan? Oleh karenanya penting untuk memahami terlebih dahulu bagaimana mengelola pendidik dan tenaga kependidikan tersebut.
Pengaruh Penerapan Penggunaan Model-Model Desain Pembelajaran Dalam Keefektifan Dan Keefisienan Proses Pembelajaraan Di MTsN Peanornor Fanny Avila
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.472 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui apa saja model-model desain pembelajaran yang telah digunakan oleh para pendidik di MTsN Peanornor, untuk mengetahui apakah model-model desain pembelajaran yang telah diterapkan ataupun digunakan oleh pendidik tersebut efektif dan efisien, untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penerapan model-model desain pembelajaran tersebut. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan wawasan terhadap kita bahwa kita ataupun pendidik dan pembaca penelitian ini dapat memilih dan lebih mengembangkan penggunaan model-model desain pembelajaran agar lebih efektif dan efisien dan juga dengan membaca penelitian atau miniriset ini kita dapat mengetahui pengaruh dari penerapan model-model desain pembelajaran itu seperti apa terhadap keberlangsungan proses pembelajaran. Pada penelitian ini saya menggunakan pendekatan kualitatif. Yaitu pendekatan yang berusaha menangkap kenyataan sosial secara keseluruhan, utuh, dan tuntas sebagai suatu kesatuan kenyataan. Menurut pendekatan ini, objek penelitian dilihat sebagai kenyataan hidup yang dinamis. Sehingga dengan penelitian ini data yang diperoleh tidak berupa angka-angka, tetapi lebih banyak deskripsi, ungkapan, atau makna-makna tertentu yang ingin disampaikan.
Keterampilan Membimbing Diskusi Oleh Guru Al Islam Di Sekolah SMP Muhammadiyah 01 Medan Panji Ababil
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.46 KB)

Abstract

Ada tiga hal dalam sistem, pertama, sistem selalu memiliki tujuan, kedua, sistem selalu mengandung proses, ketiga, sistem selalu melibatkan komponen-komponen yang ada. Sehingga sistem bermanfaat dalam merancang dan merencanakan suatu proses pembelajaran. Perencanaan adalah proses dan cara berfikir yang dapat membantu dalam mencapai hasil yang diharapkan, misalnya mampu melihat proses pendidikan. Faktor yang berpengaruh dalam sistem pembelajaran, antara lain guru, siswa, saran dan prasarana, serta faktor lingkungan. Komponen sistem pembelajaran terdiri dari dimana proses memuat bebarapa hal diantaranya meliputi tujuan, isi,materi,metode, media, dan evaluasi.pembelajaran sebagai suatu sistem artinya suatu keseluruhan dari komponen-komponen yang berinteraksi dan berinterelasi antara satu sama lain dan dengan keseluruhan itu sendiri untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Negeri 2 Mandrehe Sesuaikan Sarumaha
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.506 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1). Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning, (2). Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok program linear melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Instrumen yang digunakan adalah (a) lembaran observasi untuk siswa dan guru/peneliti, (b) lembaran panduan wawancara, (c) angket, (d) dokumentasi, (e) tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI RPL SMK Negeri 2 Mandrehe Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Berdasarkan pelaksanaan siklus I (pertama) hasil observasi pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran problem based learning mencapai nilai rata-rata 2,22 dan 2,38 dan angket kualitas proses pembelajaran tergolong cukup, sedangkan pada siklus II (dua) hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran problem based learning mencapai rata-rata 3,22 dan hasil angket tergolong baik sekali. Tes hasil belajar pada siklus I (pertama) diperoleh rata-rata hitung 58,44 dengan kategori kurang. Sedangkan pada siklus II (dua) pelaksanaan tes hasil belajar diperoleh rata-rata hitung 84,53 dengan kategori baik. Dari pengolahan tes hasil belajar siswa pada silkus II ternyata persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 81.44% melampauhi kriteria ketuntasan minimal ideal adalah 75%. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, maka penulis menyarankan sebagai berikut: (1). Hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran matematika. (2). Hendaknya guru lebih mengoptimalkan pemberian motivasi dan merancang proses pembelajaran dengan baik, (3). Hendaknya hasil penelitian ini menjadi bahan perbandingan dalam melaksanakan penelitian selanjutnya ditingkat yang lebih luas.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Tipe-Stad Pada Pokok Bahasan Statistika Dikelas XII Sma Swasta Swadaya Tinggi Raja Tahun Ajaran 2020 / 2021 Sugianti S
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.656 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada pokok bahasan statistika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Swadaya Tinggi Raja pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu terhitung mulai tanggal 21 Februari 2021 s.d 04 Maret 2021. Dengan subjek penelitian adalah siswa SMA Swasta Swadaya Tinggi Raja kelas XII yang berjumlah 20 orang. objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Berdasarkan hasil penelitian ini pelaksanaan tindakan pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus. Setelah dilakukan tindakan dengan kooperatif tipe STAD terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil tindakan diperoleh peningkatan rata- rata hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada pokok bahasan statistika sebesar 70,79 pada siklus pertama menjadi 80,83 pada siklus kedua. Dan ketuntasan klasikal sebesar 70 % pada siklus pertama menjadi 90% pada siklus kedua. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada pokok bahasan statistika. Dan pembelajaran kooperatif Tipe STAD layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran disekolah SMA Swasta Swadaya Tinggi Raja.
Pengenalan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Geometri Dan Aljabar Di Mts N 5 Jember Rohmad Wahid
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.849 KB) | DOI: 10.30596/tjpt.v1i2.63

Abstract

Metode pendekatan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode ekspositori dengan menggunakan slide presentasi dan handout yang berisi materi Software GeoGebra. Kemudian dilanjutkan dengan praktek yang cara menentukan letak titik, garis, kurva, dan menyelesaikan permasalahan-permasalahn berkaitan dengan geometri dan aljabar. Terakhir, mengadakan bimbingan serta diskusi mengenai pelatihan Software GeoGebra. Pada pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan kepada siswa-siswi MTs N 5 Jember pengenalan aplikasikan software Geogebra ini berlangsung dengan baik dan lancar. Siswa-siswi sangat antusias dengan software Geogebra ini, mereka merasa menemukan mainan baru namun mainan tersebut mampu menghantarkan mereka untuk bisa lebih memahami matematika. Matematika yang mereka anggap sulit ternyata memiliki keunikan dalam pembelajarannya, Rasa ingin tahu mereka terhadap program ini sangat tinggi, sehingga mampu membuat mereka cepat dapat memahami materi geometri dan aljabar yang disajikan oleh software Geogebra. Program ini diciptakan untuk membantu permasalahan di kehidupan sehari-hari yang mana dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat dipisahkan dari ilmu-ilmu matematika.
Penerapan Integral Dalam Kehidupan Sehari-Hari Berbantuan Autograph Nuraini Sri Bina
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.007 KB) | DOI: 10.30596/tjpt.v1i2.109

Abstract

Teknologi memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Saat ini segala kegiatan manusia sangat bergantung pada Teknologi. Autograph merupakan salah satu media pembelajaran berbasis Teknologi yang dapat membantu memecahkan persoalan Integral dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai penerapan Integral dalam kehidupan sehari-hari dan untuk mensosialisasikan media pembelajaran berbasis Teknologi yang dapat digunakan untuk membantu memecahkan persoalan Integral. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah studi permasalahan pada sekolah mitra, pemberian solusi, pre tes, serta post tes, dan evaluasi. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat menunjukkan 80% pengetahuan siswa tentang penerapan Integral dalam kehidupan sehari-hari meningkat dan 75% siswa mampu menggunakan Autograph dalam memecahkan persoalan Integral. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah Autograph dapat membantu memudahkan siswa dalam belajar Matematika.
Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pencegahan Bullying Verbal Di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Nu Malang Azlansyah Armansyah; M Iqbal Arraziq
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/tjpt.v1i2.226

Abstract

Bullying verbal sering terjadi di MTs Ma’arif NU Malang. Bullying Verbal memberikan dampak negatif terhadap siswa apabila tidak diatasi, sehingga siswa sulit untuk mencapai aktualisasi dirinya. Maka dengan kebijakan kepala sekolah yang tepat akan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Sehingga proses pembelajaran di sekolah bisa terlaksana dengan efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis kebijakan kepala sekolah dalam mencegah perilaku bullying verbal pada siswa MTs Ma’arif NU Malang, (2) menganalisis perilaku bullying verbal pada siswa MTs Ma’arif NU Malang, (3) menganalisis penyebab terbentuknya perilaku bullying verbal pada siswa MTs Ma’arif NU Malang, (4) menganalisis implikasi kebijakan kepala sekolah dalam menangani pencegahan bullying verbal pada siswa MTs Ma’arif NU Malang. Untuk mencapai tujuan di atas, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang dapat diambil melalui subjek, kepala sekolah, guru BK, wali kelas, guru-guru, siswa dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kebijakan kepala sekolah dalam pencegahan bullying verbal dengan cara mengarahkan guru-guru untuk melakukan pendekatan dan memberi tauladan kepada siswa, segera menegur dan menasehati bagi pelaku bullying verbal, memberi hukuman yang mendidik jika pelaku masih mengulangi bullying verbal, menyerahkan pelaku bullying verbal kepada guru BK jika guru tidak sanggup menangani, menyerahkan pelaku bullying verbal kepada kepala sekolah jika guru BK tidak sanggup menanganinya. (2) Bentuk bullying verbal yang dilakukan siswa MTs Ma’arif NU Malang berupa kata “dancok”, “goblok”, “gundulmu”, “raimu”, memanggil dengan nama orang tua dan mengina dengan kata “banci”. (3) Terbentuknya perilaku bullying verbal pada siswa MTs Ma’arif NU Malang disebabkan oleh rasa berkuasa, rasa ingin diperhatikan, iseng dan hiburan. (4) Implikasi kebijakan kepala sekolah dalam pencegahan bullying verbal sudah terlibat penuh dalam pelaksanaannya sehingga perubahan itu terbukti dirasakan siswa dan orang tua siswa.
Pengembangan Media Pembelajaran Power Director Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Endi Zunaedy Pasaribu; Mesra Wati Ritonga; Umay Anggryani Sipahutar
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.808 KB) | DOI: 10.30596/tjpt.v1i2.227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa pada materi sistem persaamaan linear dua variabel (SPLDV) melalui pengembangan media pembelajran power direktor berbasis model pembelajaran discavery learning. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau reseach and development. Penelitian ini dilakukan di kelas X Akuntansi SMK Swasta Siti Banun dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengahasilkan suatu produk berupa media pembelajaran power direktor dalam bentuk animasi video pembelajaran berbasis model pembelajaran discavery learning yang diharapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa dan meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah reseach and d evelopment dan dilakukan menggunakan tahapan pengembangan ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dengan dikembangkannya media pembelajaran power direktor berbasis model pembelajaran discavery learning jika dilihat dari hasil tes kemampuan yang diberikan kepada siswa menggunakan rumus N-GAIN Ternormalisasi, hasil peningkatan kemampuan representasi matematis siswa sebesar 6,60 yang artinya kemampuan representasi matematis siswa meningkat termasuk kedalam kategori sedang.
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan Sarah Rhausan Nisa Nisa
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/tjpt.v1i2.333

Abstract

Keberhasilan prestasi belajar mengacu kepada proses kegiatan pembelajaran dikelas yang dapat dipengaruhi oleh kemampuan seorang guru. Faktanya prestasi belajar peserta didik dalam capaian ujian nasional, namun tidak sesuai dengan kenyataanya. Hasil yang seperti ini adanya kecurangan dalam pelaksanaan yang bertentangan dalam kinerja guru. Pemahaman mengenai prestasi belajar yang mengukur proses pendidikan berkembangnya tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Hakikat pengertian pretasi belajar adalah hasil belajar peserta didik yang telah dikerjakan dan menghasilkan nilai yang didapatkan oleh seorang peserta didik. Bahwasannya symbol hasil prestasi belajar peserta didik dalam proses pendidikan adalah nilai yang tertuang dalam buku raport sebagai symbol pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Berkaitan dengan prestasi belajar peserta didik ada beberapa hal yang mempengaruhi yaitu seorang guru termasuk factor internal. Ketercapaian prestasi belajar peserta didik distandarkan dengan adanya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang pada masing-masing mata pelajaran memiliki standart disekolah yang dirumuskan oleh sekolah dam guru. Nilai nilai yang tertuang didalam raport merupakan bentuk nyata hasil prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada terdapat pengaruh kompetensi pedagogic guru terhdap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskrptif kuantitatif. Subjek dari ada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penyebaran angket dan dokumentasi, adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan teknis analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi sederhana.

Page 1 of 3 | Total Record : 25