CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 9 No 2 (2021): CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan

ANALISIS FUNGSI DAN MAKNA MANTRA PENGOBATAN SUKU DAYAK MERATUS DESA BATULASUNG KECAMATAN KELUMPANG HULU KABUPATEN KOTABARU

Husni Mubarak (Unknown)
Reska Perawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian inia dalah(1) Untuk mendeskripsikan Fungsi Mantra Pengobatan Masyarakat Dayak Meratus Desa Batulasung Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru. (2) Untuk mendeskripsikan Makna Mantra Pengobatan Masyarakat Dayak Meratus Desa Batulasung Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.Teknik analisis data menggunakan deskriptif interpretative, yaitu peneliti memaparkan melalui tahapan: transkripsi rekaman data, klasifikasi data, penerjemahan data, dan analisis data. Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah Fungsi mantra pengobatan suku Dayak Meratus Desa Batu lasung Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru dapat dikategorikan menjadi dua fungsi, yaitu bersifat individu (digunakan untuk diri sendiri atau hanya dalam keluarga) dan bersifat sosial (digunakan untuk kepentingan dirinya sendiri, tetapi dapat juga digunakan untuk membntu orang lain) sehingga bermanfaat bagi masyarakat banyak.Makna mantra pengobatan suku Dayak Meratus Desa Batulasung Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru untuk membantu masyarakat dalam menyembuhkan atau meringankan rasa sakit yang diderita oleh masyarakat. Kata Kunci: Fungsi mantrapengobatan dan maknamantrapengobatan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal CENDEKIA ini memuat artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan analisis konseptual yang mencakup berbagai dimensi pendidikan seperti; 1. Kurikulum 2. Pembelajaran 3. Evaluasi dan evaluasi pembelajaran 4. Manajemen pendidikan 5. Kualitas ...