Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian bertujuan untukmengetahui Untuk menerapkan model pembelajaran kolaborasi dengan teknik “FIVEE”meningkatkan kemampuan berwawasan global pada mahasiswa PGSD FKIPUnversitas Slamet Riyadi Surakarta. Hasil dari penelitian ini adalah melalui siklus I dansiklus II menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaborasi teknik E Five sangatmempengaruhi upaya peningkatan kemampuan berwawasan global mahasiswa PGSDFKIP Unversitas Slamet Riyadi Surakarta . Peningkatan kemampuan berwawasan globalnampak signifikan sebesar 11,50%. Nilai rata –rata pada siklus I sebesar 78.50 kemudiansetelah dilakukan refleksi maka terlihat nilai rata-rata sebesar 89.00 pada siklus II.Penerapan model pembelajaran kolaborasi teknik Five E meliputi Engage(melibatkan),Explore (mengeksplorasi), Explain, (menjelaskan) Extend (mengembangkan) danEvaluate (mengevaluasi) materi “Pentingnya Kesadaran Pendidikan BerwawasanGlobal” terbukti meningkatkan kemampuan Berwawasan Global mahasiswa prodi PGSDFKIP UNISRI 2016 dapat peningkatan mahasiswa menjadi memiliki keberanian dalamterlibat aktif, berpikir tingkat tinggi, berpikir kritis, mengembangkan wawasan yangholistik dengan berpikir kreatif, kritis danmengevaluasi wawasan pengetahuannya sesuaimateri tentang “Pentingnya Kesadaran Pendidikan Berwawasan Global”Kata Kunci : Model Pembelajaran Kolaborasi Teknik Five E, Berwawasan Global
Copyrights © 2017