PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Vol 9, No 4 (2020): PUBLIKA, EDISI DESEMBER 2020

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUL ULUM 9 DI DESA PASAK PIANG KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA

Abdul Adim NIM E1011131088 (Fisip Untan)
Ida Rochmawati (Fisip Untan)
Dhidik Apriyanto (Fisip Untan)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini  bertujuan  untuk  mengetahui dan  menganalisis mengapa implementasi standar Sarana dan Prasarana serta tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum9 Desa Pasak Piang Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya berhasil. Menurut Edward III ada beberapa variabel yang menentukan keberhasilan kebijakan yaitu  a) Komunikasi berupa sosialiasi yang masih lemah dari pihak pelaksana yaitu dari pihak Kemenag, b) Sumberdaya berupa jumlah Staf Pengajar beserta kemampuannya serta fasilitas fisik untuk mendukung implementasi kebijakan, c) Disposisi berupa sikap atau komitmen dari pihak pelaksana terhadap implementasi Kebijakan, d) Struktur Birokrasi berupa mekanisme kerja tersebut untuk mengelola pelaksanaan suatu  kebijakan. Hasil dari penelitian ini secara praktisnya agar dapat memberikan  kontribusi pemikiran terhadap pemerintah setempat terutama terhdap pemerintah kabupaten Kubu Raya dalam  meningkatkan pencapaian tujuan  implementasi kebijakan standar nasioanl pendidikan.  Saran dengan sehubungan penelitian ini adalah diharapkan untuk pemerintah Kabupaten Kubu Raya serta pihak sekolah agar bisa menerapkan Kebijakan Standar Nasional Pendidikan ini terutama pada kriteria Standar Sarana dan Prasarana serta Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan agar mutu  pengajaran serta proses belajar mengajar bisa lebih efektif.Kata Kunci : Implementasi, Standar Nasional pendidikan The reseach aims to find out and analyze implementation of standard facilities and infrastructure as well as educators and education Staff at Raudlatul Ulum 9 Islamic School in Pasak Piang Village, Sungai Ambawang Sub-District, Kubu Raya Regency is succesfull. According to Edward III, there are variables that determine the success of a policy which consist of a) communication in the form of socialization which is still weak by ministry of Religious Affairs, b) resources in the form of teaching staff as well as their abilities and physical facilities to support policy implementation,  c) Disposition in the form of attitude  and commitment from the implementing party to policy implementation, d) Bureauracy structure in the form of work mechanism to manage the implementation of a policy. Practically, the reseach results are to contribute thoughts to the local government, specially to the government of Kubu Raya Regency in improving the achievement of the objectives of implementing national education standard policy. Suggestions for this reseach include the government of Kubu Raya Regency and the school to the able to implement National Education Standar Policy, particularly in the criteria of facilities and infrastructure standard as well as educators and education staff so the quality of teaching and the process of the teaching and learning can be more effective.Keywords: Implementation, National Education Standard

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

publika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Publika adalah jurnal akses terbuka, dan peer-review. Tujuan utama kami adalah untuk menyebarluaskan artikel terkini dan asli dari para peneliti dan praktisi tentang berbagai masalah sosial dan politik kontemporer: kebijakan publik, administrasi pembangunan, manajemen ...