Latar belakang yang terdapat pada penelitian ini didasarkan pada adanya permasalahan pada prestasi belajar siswa di MTs Rais’ul Ulum Limbangan dan MA Rais’ul Ulum Limbangan yang disebabkan antara lain oleh kompetensi guru yang belum optimal, serta kepemimpinan kepala madrasah yang perlu ditingkatkan. Dengan adanya penelitian ini maka dapat diketahui bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kompetensi guru untuk mewujudkan prestasi belajar siswa. Dalam hal ini, metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penelitian tersebut. Kemudian populasi dalam penelitian adalah sebanyak 51 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling sensus. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi serta studi lapangan, yang terdiri dari observasi, angket dan wawancara. Hipotesis penelitian tersebut dijawab oleh teknik analisis data dalam model analisis jalur (path analysis).
Copyrights © 2019