Khazanah Akademia
Vol. 3 No. 02 (2019): Khazanah Akademia

Pengaruh Pelaksanaan Program Pembinaan Kesiswaan Terhadap Kinerja Guru Pembina Kesiswaan Untuk Mewujudkan Partisipasi Siswa (Studi Kasus Di SMA Ciledug Al-Musaddadiyah Garut)

Atik Mardianti (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam bidang pendidikan diantaranya adalah partisipasi siswa yang masih rendah. Kondisi tersebut disebabkan oleh kinerja guru pembina kesiswaan yang kurang optimal dan dampak dari rendahnya pelaksanaan program pembinaan kesiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengaruh pelaksanaan program pembinaan kesiswaan terhadap kinerja guru pembina kesiswaan untuk mewujudkan partisipasi siswa di SMA Ciledug Al Musaddadiyah Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program pembinaan kesiswaan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pembina kesiswaan (Y) dalam mewujudkan partisipasi siswa (Z) maka dilakukan pengujian diperoleh nilai Fhitung sebesar 8,0755 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 1,9794. Signifikansi nilai hasil pengujian di atas, didukung pula oleh nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,3447 dan menunjukkan besarnya kontribusi variabel pelaksana program pembinaan kesiswaan (X) terhadap kinerja guru pembina kesiswaan (Y) dalam mewujudkan partisipasi siswa (Z) sebesar 34,47 %. Hasil pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa program pembinaan kesiswaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Pembina kesiswaan, program Pembina kesiswaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi siswa ,kinerja guru pembina kesiswaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Jurnalkhazanahakademia

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Khazanah Akademia merupakan media publikasi hasil penelitian, telaahan kajian pustaka, dan/ atau gagasan dari berbagai kalangan peneliti pada bidang multi disiplin, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi perkembangan teori maupun ...