Khazanah Akademia
Vol. 3 No. 01 (2019): Khazanah Akademia

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Leles - Garut)

Firman Sopandi (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari fenomena permasalahan prestasi belajar siswa yang masih rendah. Masih rendahnya prestasi belajar siswa diduga sebagai akibat dari belum optimalnya kinerja guru Pendidikan Agama Islam dan kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalm mewujudkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar di Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskripsi analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan hipotesis penelitian ini adalah statistic dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam Se-Kecamatan Leles Kabupaten Garut sebanyak 50 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini adalah: “Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar”, dengan pengujian analisis jalur. Pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam. Kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Jurnalkhazanahakademia

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Khazanah Akademia merupakan media publikasi hasil penelitian, telaahan kajian pustaka, dan/ atau gagasan dari berbagai kalangan peneliti pada bidang multi disiplin, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi perkembangan teori maupun ...