Khazanah Akademia
Vol. 5 No. 01 (2021): Khazanah Akademia

Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran (Penelitian Di SD IT Persis Tarogong Garut)

Endang Soetari (Universitas Garut)
Gugun Geusan Akbar (Universitas Garut)
Irma Ismawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Hasil deskripsi penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru berada pada kriteria Baik, motivasi kerja guru menunjukkan kriteria Cukup Baik, sementara efektivitas pembelajaran berada pada kriteria Baik. Hasil uji hipotesis utama menunjukkan bahwa variabel Profesionalisme Guru berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru Untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran sebesar 10,51%, sedangkan sisanya sebesar 89,49% dipengaruhi oleh variabel lain. Sementara dari hasil pengujian sub hipotesis, variabel Profesionalisme guru berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru. Adapun Motivasi Kerja Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Efektivitas pembelajaran. Sedangkan variabel profesionalisme guru tidak berpengaruh terhadap variabel Efektivitas pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Jurnalkhazanahakademia

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Khazanah Akademia merupakan media publikasi hasil penelitian, telaahan kajian pustaka, dan/ atau gagasan dari berbagai kalangan peneliti pada bidang multi disiplin, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi perkembangan teori maupun ...