Lokasi mitra pada program pengabdian kepada masyarakat ini merupakan basis pendudukdengan pemeluk agama Islam, terbukti bahwa seluruh tempat ibadah yang ada didominasi denganbangunan masjid dan mushala. Akan tetapi, jika dilihat dari sarana pendidikan dapat digolongkansebagai penduduk dengan perhatian yang minim pada ranah pendidikan. Pada tingkat Desa Seloharjomisalnya, sarana pendidikan formal yang ada mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak swasta sebanyakhanya 6 buah, Sekolah Dasar Negeri sebanyak 2 buah dan 4 buah swasta, Sekolah Menegah Pertamaswasta sebanyak 1 buah, dan belum memiliki Sekolah Menengah Atas.Keadaan yang sama juga terlihatpada pengelolaan unit-unit TPA yang masih dikelola dengan manajemen apa adanya, sehinggarangkaian pembelajaran dan pengelolaan tidak tertata dan terkesan asal-asalan. Dalam hal fasilitaskegiatan pembelajaran TPA juga masih sangat kurang, sehingga diperlukan fasilitas yang mampumenunjang kegiatan tersebut. Oleh karenanya, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakanpelatihan-pelatihan pengelolaan unit TPA yang berstandar nasional serta pengadaan fasilitaspembelajaran.
Copyrights © 2019