Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)

PENGGUNAAN MEDIA VCD ANIMASI DAN GAMBAR CETAK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS

Parizawati Parizawati (Unknown)
Sumadi Sumadi (Unknown)
Irma Lusi Nugraheni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2014

Abstract

This study aims to apply appropriate use of instructional media by using animation VCD media and print images and to improve the activity and student learning outcomes in geography subjects using animation VCD media and print images. The method in this study is action research that lasted for three cycles. Using test data collection and observation. Data were analyzed by looking at the classical mastery learning students ie 80% of students received a score of ≥ 70. Results showed that the use of animation VCD media and print pictures can enhance the activity and learning outcomes geography class X High School Semester Bina Mulya Dublin school year 2013-2014.Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penggunaan media pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunakan media VCD animasi dan gambar cetak dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi menggunakan media VCD animasi dan gambar cetak. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan melihat ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 80% siswa mendapat skor ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media VCD animasi dan gambar cetak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas X Semester Ganjil SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013-2014.Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media pembelajaran.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Geografi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal ini berisikan kumpulan karya ilmiah dalam bentuk artikel baik berupa skripsi, tesis, ataupun ...