Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Vol 5, No 5 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)

Pengaruh Aktivitas Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar

Yuni Malinda (Unknown)
Sumadi Sumadi (Unknown)
Irma Lusi Nugraheni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2017

Abstract

This study was aimed to find out the difference of learning activity, the difference of learning result, and the effect of students learning activity through NHT learning model towards learning result of SMA Kartikatama Metro. This research used quasi experiment method which compared the learning result with the treatment to the object. The subjects were the second grade students of social class 2 and social class 3 which consisted of 52 students. Data collecting technique of this research were test and data analysis which used t-test and linear regression analysis. The results showed that there were the differences of students learning activity, there were the significant differences of learning result between class which was implemented the NHT model and class which was implemented conventional method, where the experiment class had higher mean of learning result than the control class. The result also showed that there was an effect of using cooperative learning model of NHT towards learning result.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar dan perbedaan hasil belajar serta pengaruh aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar di SMA kartikatama Metro. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu yang membandingkan hasil belajar dengan pemberian perlakuan pada suatu objek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 sebanyak 52 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, analisis data yaitu uji t-tes dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa dan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan kelas yang diberi perlakuan metode konvensional, dimana kelas eksperimen lebih tinggi rata-rata hasil belajarnya dari kelas kontrol, serta adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, dan numbered heads together.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Geografi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal ini berisikan kumpulan karya ilmiah dalam bentuk artikel baik berupa skripsi, tesis, ataupun ...