Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


PENGARUH PBL DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DASAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BUFFER

Aisyah, Sitti (Unknown)
Fahyuddin, Fahyuddin (Unknown)
Ruslin, Ruslin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertjuan untuk menguji efektifitas model pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) dan kemampuan  matematika dasar terhadap  pemahaman konsep siswa pada materi buffer. Subyek penelitian iniadalah 68 siswa SMA kelas XI pada salah satu SMA Negeri di Kota Kendari. Desain kuasi eksperimen digunakan untuk menguji efektifitas model PBL. Hasil analisis data pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa  nilai rata rata peningkatan pemehaman konsep siswa pada kelas PBL lebih besar secara signifikan dari kelompok siswa pada kelas pembelajaran langsung. Siswa dengan kemampuan matematika dasar tinggi memperoleh peningkatan pemahaman konsep buffer yang lebih tinggi secara signifikan dari siswa yang mempunyai kemampuan matematika dasar rendah. Hasil analisis interaksi antara model PBL dan kemampuan matematika dasar siswa menjukkan  pengaruh yang signifikan pada peningkatan pemahaman konsep siswa  Kata Kunci:  Problem Based Learning dan pembelajaran langsung , Kemampuan matematika dasar,  pemahaman konsep, Bufer

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...