Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODELPEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Fitriani, Fitriani (Unknown)
Jamili, Jamili (Unknown)
Fahyuddin, Fahyuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran berbasis proyek dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis siswadalam menyelesaikan masalah sains.  Sampel penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas VIII B yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan peserta didik kelas VIII C yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek ditenentuan dengan teknik random sampling. Desain penelitian ini adalah quasi experimental pretest-posttest two group. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen tes keterampilan berpikir kritisberupa soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritisantara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek. Kata Kunci: Perbandingan, model pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, Inkuiri Terbimbing, berbasis proyek.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...