Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


EFEKTIFITAS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Hasbia, Hasbia (Unknown)
Jahidin, Jahidin (Unknown)
Jamili, Jamili (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran PBL materi perubahan lingkungan kelas X SMA Kartika XX-2 Kendari. Populasi Penelitian ini sebanyak 94 siswa kelas X MIA SMA Kartika XX-2 Kendari tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan cara purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Instrumen pengambilan data berupa tes essy. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas eksperimen pretest, posttest, dan N-gain masing-masing adalah 0,67 sedangkan pada kelas control 0,31. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-test (independent sample t-test) pada taraf signifikan α 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran PBL terdapat pengaruh yang signifikan pada materi perubahan lingkungan di SMA Kartika XX-2 Kendari.Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, PBL.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...