Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran PBL materi perubahan lingkungan kelas X SMA Kartika XX-2 Kendari. Populasi Penelitian ini sebanyak 94 siswa kelas X MIA SMA Kartika XX-2 Kendari tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan cara purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Instrumen pengambilan data berupa tes essy. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas eksperimen pretest, posttest, dan N-gain masing-masing adalah 0,67 sedangkan pada kelas control 0,31. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-test (independent sample t-test) pada taraf signifikan α 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran PBL terdapat pengaruh yang signifikan pada materi perubahan lingkungan di SMA Kartika XX-2 Kendari.Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, PBL.
Copyrights © 0000