Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sians siswa pada materi Bakteri. Sampel penelitian berjumlah 112 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik non probability sampling dengan cara purposive sampling yakni menentukan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dari beberapa kelas yang ada dari kedua sekolah. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Peningkatan keterampilan proses sains ditunjukkan oleh nilai N-gain dari rerata nilai pretest dan posttest siswa. Nilai N-gain keterampilan proses sains yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing yakni SMAN 10 Kendari 0.59 dan SMAN 11 Kendari 0.53 sedangkan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yakni pada SMAN 10 Kendari 0.45 dan SMAN 11 Kendari 0.45 dengan signifikan 0.00 pada α 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains
Copyrights © 0000