Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR DAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK PENGEMBANGAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Sofyana, Nelly (Unknown)
Ngkoimani, . La Ode (Unknown)
Muliddin, Muliddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data empiris mengenai perbandingan antara model pembelajaran inkuiri terstruktur dan inkuiri terbimbing untuk pengembangan pemahaman konsep fisika peserta didik ditinjau dari motivasi belajarnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy-experiment sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan faktorial 2 x 2. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Wundulako tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian kelas XI IPA A dan kelas XI IPA B. Hasil analisis data menunjukkan: 1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep fisika peserta didik antara model pembelajaran inkuiri terstruktur dan inkuiri terbimbing, 2) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep fisika peserta didik antara motivasi belajar tinggi dan rendah, serta 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...