Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak mahasiswa pendidikan anak usia dini yang melaksanakan program kuliah kerja nyata yang berdampak terhadap pendidikan anak usia dini, mahasiswa yang ikut dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat yang di kemas dalam KKN Tematik yang di tempatkan di sebuah Desa yg berda di Kabupaten Lebak Kecamatan Maja di Desa Cilangkap. Pendidikan adalah proses humanisasi manusia yang pada hakikatnya bermaksud untuk menjadikan manusia sebagai makhluk yang bermoral sehingga pendidikan bertujuan mengarahkan tingkah laku manusia kepada nilai-nilai kebaikan yang bisa membawa manusia pada ketentraman dan keadilan Pendekatan penelitian studi kasus dipilih oleh peneliti karena penelitian ini mengkaji secara mendalam mengenai dampak perceraian orang tua terhadap kemampuan berbicara anak. Studi kasus adalah a strategy of inkuiry in which the researcher explores in deepth a program, even activity, process, or one or more individuals. Berdasarkan realitas kehidupan yang telah terjalani terkait dalam lapangan kehidupan yang lebih luas, yakni dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Cilangkap sejak tanggal 24 Februari sampai dengan 17 Maret 2020. Kami menyimpulkan bahwasannya dari Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang laksanakan di Desa Cilangkap dalam rangka mewujudkan salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat, yang mengandung arti bahwa mahasiswa terlibat langsung dalam kehidupan yang lebih luas, dengan tujuan untuk membagi dan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat awam akan ilmu pengetahuan, pemikiran, tenaga serta menjadi teladan yang baik ditengah-tengah masyarakat serta berdampak fositif bagi pendidikan anak usia dini.Kata Kunci : Dampak Mahasiswa, KKN, PAUDĀ
Copyrights © 2020