Media Pustakawan
Vol 20, No 3 (2013): September

Kajian Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan dan Informasi di Bidang Layanan Koleksi Umum Perpustakaan Nasional RI

Fathmi Fathmi (Perpustakaan Nasional)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2020

Abstract

Peningkatan kualitas layanan melalui pengembangan layanan  dilaksanakan oleh Bidang Layanan Koleksi Umum dalam rangka mencapai layanan prima dan berorientasi bagi kepentingan pemustaka, melalui pemanfaatan sumber daya perpustakaan.   Untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan perpustakaan dan informasi di Bidang Layanan Koleksi Umum dilaksanakan kajian pemustaka.  Penelitian terdiri atas 4 (empat) dimensi layanan, yaitu koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, pustakawan, serta sarana dan prasarana perpustakaan. Keempat unsur tersebut diurai menjadi 17 indikator yang terdiri atas 40 pertanyaan. Analisis data menggunakan metode  deskriptif kuantitatif yaitu data yang disajikan dalam bentuk tabulasi frekuensi, berikutnya dilakukan  analisis deskriptif dengan menghitung presentase dari masing-masing frekuensi dan selanjutnya diinterpretasikan secara logis. Untuk mendapatkan kesimpulan dari masingmasing indikator dilakukan analisis dengan metode rating scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemustaka puas terhadap: 1) dimensi koleksi di Bidang Layanan Umum   (70,54%); 2)  dimensi layanan di Bidang Layanan Umum (74,75%);  3) dimensi Pustakawan di Bidang Layanan Umum (76,88%). Terhadap sarana dan prasarana di Bidang Layanan Umum, responden puas (64,22%.) namun tingkat kepuasannya belum signifikan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mp

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Jurnal Media Pustakawan merupakan terbitan Perpustakaan Nasional, Pusat Pembinaa Pustakawan(Pusat Pembinaan Pustakawan) yang berfokus pada bidang ilmu perpustakaan dan informasi khususnya yang berhubungan dengan pengembangan kepustakawanan . Artikel Jurnal yang diterbitkan merupakan hasil kajian ...