SN-Biosper
Seminar Nasional Biologi, Saintek, dan Pembelajarannya I Tahun 2019 ISBN: 978-602-9250-40-4

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP INVERTEBRATA

Trisa Siti Nur Barokah (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi)
Edi Hernawan (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi)
Popo Musthofa Kamil (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2020

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan suatu proses pembelajaran. Permasalahan yang terjadi di kelas X SMA Negeri Jatiwaras yaitu hasil belajar peserta didik rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik menganggap media pembelajaran yang digunakan cenderung kurang menarik sehingga peserta didik pasif dalam proses pembelajaran dan kurang mampu membangun konsep secara mandiri, hal tersebut mengakibatkan hasil belajar rendah. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik salah satunya adalah mind mapping. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep Invertebrata di kelas X SMA Negeri Jatiwaras tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Juli 2019 di SMA Negeri Jatiwaras. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true eksperiment. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri Jatiwaras sebanyak 4 kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 136 orang dan sampel yang digunakan  adalah 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pilihan majemuk sebanyak 32 butir soal. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep Invertebrata di kelas X SMA Negeri Jatiwaras tahun ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biosper

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Seminar Nasional Biologi, Saintek, dan Pembelajarannya (SN Biosper) merupakan kegiatan forum ilmiah yang diselenggarakan setiap tahun (annual) oleh Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi jembatan untuk ...