Jurnal Pijar MIPA
Vol. 14 No. 2 (2019): Juni

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dipadukan LKPD 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik

Hidayatussakinah Hidayatussakinah (Madrasah Tsanawiyah NW Bangle, Montong Gading, Lombok Timur/ Program Pascasarjana Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram)
Jamaluddin Jamaluddin (Program Pascasarjana Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram)
Dadi Setiadi (Program Pascasarjana Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2019

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah dipadukan LKPD 5E merupakan inovasi pembelajaran yang berfokus pada peserta didik (student center).Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dan interaksi pembelajaran berbasis masalah dipadukan LKPD 5E dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitain non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Mataram berjumlah 262. Sampel penelitian terdiri dari 4 (empat) kelas berjumlah 114, diambil dengan  menggunakan tehnik sampling purposive. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains adalah lembar observasi keterlaksanaan RPP dan tes uraian. Data  dianalisis menggunakan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran berbasis masalah dipadukan LKPD 5E berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains peserta didik; (2) Kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik; (3) Ada interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dipadukan LKPD 5E dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan proses sains.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pijar MIPA (e-ISSN: 2460-1500 & p-ISSN: 1907-1744) is an open-access scientific periodical journal published by the Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram. Jurnal Pijar MIPA publishes original articles on current ...