Jurnal Pijar MIPA
Vol. 15 No. 1 (2020): Januari

Perbedaan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Dengan Model Kooperatif Berbantuan Advance Organizer dan Pembelajaran Berbasis Masalah

Miskul Ruliyanti (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram)
Ahmad Harjono (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram)
Satutik Rahayu (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI dengan model kooperatif berbantuan advance organizer dan pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Mataram dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling, sehingga sampel yang terpilih adalah kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen 2. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diberikan tes  untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Berdasarkan hasil uji homogenitas tes awal kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil tes akhir sebagai hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 63,63 dengan nilai tertinggi 76 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 47,76 dengan nilai tertinggi 72. Hipotesis penelitian diuji dengan uji Mann-Whiteney karena χ2hitung  > χ2tabel maka kedua sampel tidak terdistribusi normal, sehingga diperoleh nilai Zhitung > Ztabel yaitu 4,98 > 1,96. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI dengan model kooperatif berbantuan advance organizer dan pembelajaran berbasis masalah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pijar MIPA (e-ISSN: 2460-1500 & p-ISSN: 1907-1744) is an open-access scientific periodical journal published by the Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram. Jurnal Pijar MIPA publishes original articles on current ...