Jurnal Teknologi Pembelajaran
Vol 1, No 1 (2012)

Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Inggris Di Undiksha

Erawati Dewi, Luh Joni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2012

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa e-learning untuk perkuliahan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Bahasa Inggris di Undiksha.  Produk e-learning ini akan dipadukan dengan pembelajaran tatap muka di kelas. Metode pengembangan e-learning ini didasarkan pada model desain pembelajaran  Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Pengembangan e-learning ini didasari oleh perspektif belajar humanisme, di mana pebelajar/mahasiswa yang aktif dan dosen berfungsi sebagai fasilitator. Dengan e-learning ini mahasiswa menentukan sendiri waktu dan tempat untuk melaksanakan pembelajarannya (student centered). Pengujian terhadap produk e-learning ini dilakukan dengan melibatkan para ahli yaitu ahli isi, ahli desain dan ahli media pembelajaran dengan perolehan skor masing-masing 67.31%, 85.19%, dan 82.81%.  Berdasarkan skor tersebut, e-learning diperbaiki, yaitu dari segi konten. Pengujian juga dilakukan terhadap mahasiswa dalam uji perorangan dan kelompok dengan perolehan skor masing-masing 93.36% dan 85.38%. Hasil uji ahli dan uji terbatas mengindikasikan bahwa produk e-learning yang dihasilkan bisa diterima dan layak digunakan. E-learning ini diharapkan bisa dipadukan dengan pembelajaran tatap muka untuk perkuliahan MPK Bahasa Inggris di Undiksha. Pembelajaran tatap muka dan e-learning berpadu atau disebut pembelajaran campuran (blended learning) yang dihasilkan mempunyai fitur yaitu memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran, mendukung adanya komunikasi, menyediakan pesan yang konsisten dan up to date, meningkatkan pembelajaran mandiri, dan meningkatkan kinerja dosen dan mahasiswa.   Kata kunci: e-learning, ADDIE, pembelajaran, pengembangan

Copyrights © 2012