Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal
Vol 8, No 1 (2021)

COGNITIVE APPRENTICESHIP BERBANTUAN VIDEO PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN ADAPTIF MAHASISWA

Rina Oktaviyanthi (Universitas Serang Raya)
Usep Sholahudin (Universitas Serang Raya)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran adaptif antara mahasiswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan cognitive apprenticeship baik yang berbantuan video maupun tidak dan pembelajaran konvensional. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan the static-group pretest-posttest design. Populasi penelitian yaitu mahasiswa semester empat di Universitas Serang Raya yang mengambil mata kuliah Matematika Ekonomi. Tiga kelas penelitian digunakan sebagai sampel penelitian yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Ketiga kelas tersebut yakni kelas eksperimen 1 yang mengimplementasikan pendekatan pembelajaran cognitive apprenticeship berbantuan video, kelas eksperimen 2 yang menerapkan pendekatan pembelajaran cognitive apprenticeship dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan terjadinya penolakan H0 yang mengindikasikan adanya perbedaan rata-rata capaian dan perbedaan N-Gain kemampuan penalaran adaptif di ketiga kelas. Perbedaan tersebut mengartikan bahwa kemampuan penalaran adaptif di kelas eksperimen cenderung meningkat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SOSIO-FITK

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Sosio Didaktika: Social Science Education Journal publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, master students’ theses research, and doctoral students’ dissertations research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and analysis contained ...