Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal
Vol 6, No 1 (2019)

PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PERKOPERASIAN

Nuralita Ika Minatul (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Persada Khatulistiwa Sintang)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2019

Abstract

Masalah penelitian ini adalah terdapat beberapa siswa yang cenderung pasif dalam pembelajaran ditambah dengan hasil belajar masih di bawah KKM sehingga peneliti ingin mencobakan metode Role Playing. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar kognitif siswa. Bentuk penelitian quasi eksperimental design. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, soal tes dan dokumen. Berdasarkan uji hipotesis data pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh hasil yaitu thitung= 34,072> ttabel=2,048. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal (pre test) dan pada pengukuran akhir (post test) jadi metode role playing dapat diterapkan. Kata Kunci: Metode Role Playing dan Hasil Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SOSIO-FITK

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Sosio Didaktika: Social Science Education Journal publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, master students’ theses research, and doctoral students’ dissertations research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and analysis contained ...