Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal
Vol 8, No 1 (2021)

PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMAN YOGYAKARTA

Dwi Oktaviani Ogara (Universitas Megou Pak Tulang Bawang)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh penggunaan internet, motivasi berprestasi dan teman sebaya secara secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar ekonomi siswa, (2) perbedaan penggunaan internet, motivasi berprestasi, teman sebaya dan hasil belajar ekonomi siswa berdasarakan pendidikan orangtua dan jenis kelamin siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel penelitian ini terdiri atas hasil belajar, penggunaan internet, motivasi berprestasi, dan teman sebaya siswa SMAN kota Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif, regresi ganda dan ANOVA. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh penggunaan internet, motivasi berprestasi dan teman sebaya secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar ekonomi siswa. (2) a.) tidak terdapat perbedaan penggunaan internet, motivasi berprestasi, teman sebaya dan hasil belajar berdasarkan pendidikan orangtua siswa dan, b.) terdapat perbedaan penggunaan internet, motivasi berprestasi, teman sebaya dan hasil belajar berdasarkan jenis kelamin siswa. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SOSIO-FITK

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Sosio Didaktika: Social Science Education Journal publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, master students’ theses research, and doctoral students’ dissertations research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and analysis contained ...