Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian hadiah dapat memotivasi belajar anak di TK Al-Mawaddah Kabupaten Wakatobi. Hasil penelitian pemberian hadiah (reward) untuk memotivasi belajar anak kelompok A2 di TK Al-Mawaddah menunjukkan hasil yang baik bahwa: 1) Anak yang diberi hadiah menunjukkan sikap progresif dalam belajar; 2) Adanya rasa penghargaan terhadap usaha atau tindakan anak dalam berperilaku baik dan kegiatan belajar; 3) adanya motivasi anak dalam belajar sehingga mempertahankan prestasi yang ia miliki; 4) usaha guru dalam memotivasi anak didiknya melalui pemberian hadiah berupa tepuk tangan, pujian, bintang sebagai nilai, dan pendekatan terhadap anak yang kesulitan dalam belajar dan lain-lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian hadiah sangat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran, sehingga dapat dikatakan bahwa pemberian hadiah dapat memotivasi belajar anak.
Copyrights © 2022