Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak anak melalui video dongeng di TK Anawula Kabupaten Kolaka Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi guru dan anak usia 5-6 Tahun kelompok B di TK Anawula berjumlah 8 anak yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan menyimak anak melalui video dongeng di TK Anawula Kabupaten Kolaka Timur menunjukkan hasil yang baik, sebagian besar anak sudah menunjukkan kemampuan menyimak serta merespon dengan optimal; 2) faktor yang mempengaruhi kemampuan menyimak anak meliputi: anak terfokus pada saat menyaksikan video dongeng yang ditampilkan, video dongeng yang ditampilkan berkaitan dengan tema pembelajaran maupun dunia kehidupan anak, video dongeng yang ditampilkan dapat menarik pusat perhatian anak, menggunakan alat dan media pembelajaran sebagai pendukung proses pembelajaran; 3) langkah yang dilakukan guru untuk mendukung kemampuan menyimak anak.
Copyrights © 2022