Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 6 No 1 (2022): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Perempuan Dalam Tumbuh Kembang Anak (Studi Motivasi Belajar Anak Di Era Revolusi Industri 4.0)

Yenny Suci Ramadhani (Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember)
Deditiani Tri Indrianti (Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember)
Linda Fajarwati (Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini membahas tentang Peran Perempuan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Era Revolusi Industri 4.0 di Dusun Bandaran, Desa Sukorejo, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menentukan informan penelitian menggunakan pendekatan Purposive Sampling, sedangkan untuk menggali data menggunakan metode Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yaitu peneliti itu sendiri yang disebut sebagai human instrument. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yakni ketekunan pengamatan serta triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunanakan teori Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data verifikasi data. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa perempuan melakukan peran sebagai pemenuh kebutuhan, role model, serta menstimulasi anak dalam menggunakan media digital guna memotivasi pembelajaran anak di era revolusi industri 4.0.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLC

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal accepts article submissions from worldwide scholars, authors, and novice researchers in (but not limited to) the following area of studies: 1. Adult and Continuing Education 2.Training dan Human Resource Development 3. Community Empowerment 4. Parenting Education 5. Innovation in ...