Journal of Empowerment Community
Vol. 4 No. 1 (2022): Maret 2022

PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK UMKM DI KELURAHAN SUKAHURIP KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA

Kusuma Agdhi Rahwana (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)
Intan Rahayu (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)
barin barlian (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Pengabdian ini berawal dari adanya permintaan dari Kelurahaan Sukahurip untuk memberikan materi tentang pemasaran produk kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Sukahurip Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Kelurahan Sukahurip merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya yang penghasilan penduduknya sebagian besar didapat dari berwirausaha. Wirausaha yang digelutinya diantaranya yaitu kelom geulis, spon bahan alas sandal, tas, aneka makanan ringan, alat peraga interaktif, dan lain lain. Akan tetapi masyarakat tersebut masih perlu pembinaan dan pendampingan terutama dalam pemasaran produk melalui digital atau online. UMKM di Kelurahan Sukahurip memiliki ragam usaha, seperti kelom geulis, sendal spon, mebeul, alat peraga interaktif, aneka kuliner dan makanan ringan, serta jenis usaha lainnya. Namun, kurangnya promosi dan penjualan produk yang masih dilakukan secara tradisional serta kemampuan manajemen atau pengelolaan yang kurang profesional, hal tersebut yang menyebabkan beberapa UMKM di Kelurahan Sukahurip kurang berkembang dengan baik. Bahkan usaha kelom geulis yang menjadi icon Kota Tasikmalaya bayak yang gulung tikar. Selain itu, ada juga pelaku UMKM yang menjual barang dagangnanya ke pedagang besar tanpa merek, karena tetap ingin memperoleh pendapatan. Sehingga banyak yang produknya diakui sebagai produk orang lain. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menerapkan digital marketing terhadap penjualan UMKM yang ada di Kelurahan Sukahurip dengan maksud mengenalkan dan meningkatkan omset penjualannya, sedangkan metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode parsitipatif, penyuluhan, pendampingan dan pelatihan. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan adanya bantuan pelatihan dan aplikasi e- commerce dapat meningkatkan motivasi bagi para UMKM untuk melaksanakan pemasaran terhadap produknya supaya omsetnya meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEC

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

a) Pelayanan pada masyarakat, b) Ketahanan Pangan Lokal; c) Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna, Desain; d) Pemberdayaan Masyarakat; e) Layanan Komunitas Mahasiswa; f) Wilayah Perbatasan dan Wilayah Kurang Dikembangkan; g) Pengembangan wilayah terpadu h) Pendidikan untuk Pembangunan ...