Jurnal Inovasi Penelitian
Vol 2 No 11: April 2022

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK BOKASHI SLUDGE BIOGAS PADA LEVEL BERBEDA ( 0; 7,5; 15 DAN 22,5 TON/HA) TERHADAP PERTUMBUHAN KEMBALI RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum cv. Mott)

Yizrael Kamara Praing (Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)
I Made Adi Sudarma (Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk bokashi sludge biogas padalevel 0; 7,5; 15; dan 22,5 ton/ha terhadap pertubuhan kembali rumput Odot. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan setiap perlakuan masing – masing memiliki 4 ulangan, dimana dalam setiap ulangan rumput Odot terdiri dari 9 stek/anakan sehingga total 144 unit percobaan. Perlakuan yang di gunakan yakni P0: Rumput Odot tanpa menggunakan pupuk, P1: Rumput Odot dengan menggunakan pupuk bokashi sludge biogas pada level 7,5 ton/ha, P2: Rumput Odot dengan menggunakan pupuk bokashi sludge biogas pada level 15 ton/ha, P3: Rumput Odot dengan menggunakan pupuk bokashi sludge biogas pada level 22,5ton/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk bokashi sludge biogas pada level yang berbeda tidak memberikan pengaruh yang nyata pada tinggi tanaman dan panjang daun. Pemberian pupuk bokashi sludge biogas dengan level 22,5 ton/ha memberikan pengaruh nyata terhadap produksi berat segar rumput Odot pada pertumbuhan kedua. Disimpulkan bahwa penggunaan pupuk Bokashi hingga 22,5 ton/ha mampu memberikan hasil yang terbaik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Social Sciences

Description

"JIP” for JURNAL INOVASI PENELITIAN, published by Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Published in two formats, print and online, ISSN: 2722-9475 and the online version of ISSN 2722-9467, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: 1. Culture (a ...