Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Vol 3, No 1 (2022): J-P3K APRIL

Gambaran Subjek Dengan Keluhan Respon Fisiologis Ketika Menghadapi Stresor Menggunakan Formulasi Kasus Ingram

Ichwan Cahyono (Universitas Airlangga)
Endang Retno Surjaningrum (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2022

Abstract

Dalam menangani kasus klinis, terkadang klinisi mendapati kasus yang tidak terpetakan dalam diagnostik psikiatri terstandard (seperti DSM IV, ICD-10, PPDGJ, dll). Selain itu diagnosis standard tidak menjelaskan penyebab yang mendasari masalah pasien dan treatment yang sesuai terkait penyebab tersebut. Formulasi kasus mampu mengisi kesenjangan antara diagnosis dan treatment. Formulasi kasus klinis merupakan hal yang sangat penting dan disorot dalam banyak buku dan artikel. Penelitian tentang penerapan formulasi kasus klinis belum banyak dituliskan. Penelitian ini bertujuan menggambarkan penerapan formulasi kasus klinis kepada Subjek dengan keluhan respon fisiologis ketika menghadapi stresor menggunakan formulasi kasus yang dikembangkan oleh Ingram. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed-method) dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, scaling, dan alat tes psikologi (grafis, SSCT, dan CFIT). Hasil penelitian menunjukkan penerapan formulasi kasus klinis terhadap Subjek dengan keluhan respon fisiologis ketika menghadapi stresor menggunakan formulasi kasus yang dikembangkan Ingram dapat membantu: (1) merumuskan gejala atau masalah yang perlu diubah; (2) menyusun data dan informasi yang diperoleh; (3) menyusun skema konseptual yang memberikan penjelasan; dan (4) mengambil keputusan treatment yang mengarah pada prosedur spesifik. Dengan demikian, penerapan formulasi kasus klinis yang dikembangkan oleh Ingram terbukti efektif untuk menangani Subjek dengan keluhan respon fisiologis ketika menghadapi stresor.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-P3K

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health Social Sciences

Description

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki ...