Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Story-Telling Dalam Meningkatkan Empati Peserta Didik Di TKN 2 Sijunjung

Desi Mariani (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar)
Yuliana Nelisma (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar)
Wahidah Fitriani (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Pokok permasalahan dalam studi ini adalah belum terlaksananya bimbingan kelompok dengan teknik story-telling (bercerita) dalam meningkatkan empati peserta didik. Tujuan pembahasan ini untuk melihat Penerapan Bimbingan Kelompok dengan teknik bercerita untuk meningkatkan empati peserta didik di TKN 2 Sijunjung.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode Single Subject Research, desian A-B. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelompok B1 TK Negeri 2 Sijunjung. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 orang anak TK yang memiliki empati dalam kategori rendan dan sangat rendah. Data yang  diteliti diukur menggunakan pedoman berbentuk cheklist dari observasi yang dilakukan selama proses bimbingan kelompok. Analisis grafis digunakan sebagai teknik untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik bercerita berpengaruh terhadap empati siswa di TK Negeri 2 sijunjung.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...