Jurnal Ilmiah Medicamento
Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Medicamento

Aktivitas Antibakteri Yogurt Susu Phaseolus vulgaris L. dan Phaseolus radiatus L. dengan Penambahan Madu terhadap E. coli, S. aureus, dan Extended Spectrum β-Lactamase (ESBL)

Iif Hanifa Nurrosyidah (STIKES Rumah Sakit Anwar Medika)
Amriyati Fitriana Kusumastuti (STIKES Rumah Sakit Anwar Medika)
Dimas Candra Rahmadani (STIKES Rumah Sakit Anwar Medika)
Erdina Kusumastuti (STIKES Rumah Sakit Anwar Medika)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Infeksi merupakan penyakit yang menjadi masalah kesehatan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Saat ini probiotik banyak dikembangkan untuk mengatasi atau mencegah berbagai penyakit, salah satunya yaitu infeksi. Penelitian ini dilakukan uji aktivitas antibakteri pada yogurt susu kacang merah dan kacang hijau dengan madu terhadap bakteri Escherichia​ coli​, Staphylococcus​ aureus, Extended spectrum β -lactamase​​ (ESBL), dan Methicillin​ resistant staphylococcus aureus (MRSA) dengan metode cakram. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh aktivitas antibakteri dari yogurt tersebut adalah sedang sampai kuat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Medicamento

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Medicamento (JINTO) dengan nomor registrasi e-ISSN 2356-4814 didirikan pada tahun 2014, dan publikasi online dimulai pada tahun 2015. Jurnal diterbitkan dalam bahasa Indonesia. Awalnya JINTO diterbitkan oleh Akademi Farmasi Saraswati Denpasar. Namun sejak awal tahun 2019, penerbit ...