Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi
Vol. 5 No. 1 (2022): MISI Januari 2022

ANALISIS SENTIMEN ULASAN EKSPEDISI J&T EXPRESS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

Mahardika Tania Nitami (Universitas Stikubank Semarang)
Herny Februariyanti (Universitas Stikubank Semarang)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2022

Abstract

Analisis sentimen merupakan teknik mengidentifikasi pendapatseseorang yang diekspresikan dalam bentuk teks untuk menganalisa emosi seseorang terkait dengan topik tertentu.J&T Express menjadi sebuah perusahaan jasa pengiriman dengan akses luas di Indonesia serta melayani berbagai pengiriman. Pada era globalisasi, jasa ekspedisi menjadi jasa yang paling banyak digunakan olehmasyarakat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya pembelian online yang direkomendasikan oleh pemerintah sejak diberlakukannya WFH. Besarnya penggunaan jasa J&T Express menjadikan banyak pengguna menyampaikan ulasan terkait kinerja jasa pengiriman tersebut. Didalam penelitian ini metode analisis sentimen digunakan untukmengklasifikasi serta mengolah teks ulasan jasa pengiriman J&T Express. Proses klasifikasi data pada analisis sentimen dibagi 2 kelas, yaitu kelas sentimen negatif dan kelas sentimen positif. Terdapat 500 data yang digunakan dan terbagi menjadi 400 data latih dan 100 data uji. Dari total 400 data latih terdiri dari 237 kelas negatif dan 163 kelas positif. Berdasarkan hasil dari penelitian menghasilkan akurasi sebesar 87%, presisi kelas positif sebesar 70%, presisi kelas negatif sebesar 95%, dan error rate sebesar 13%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

misi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

MISI (Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi) diterbitkan oleh LPPM STMIK Lombok sebagai wadah untuk mempublikasikan artikel tentang pengetahuan baru dan penelitian dengan isu terkini yang berkaiatan dengan teknologi informasi, dengan topik Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, ...