Analisis sentimen merupakan teknik mengidentifikasi pendapatseseorang yang diekspresikan dalam bentuk teks untuk menganalisa emosi seseorang terkait dengan topik tertentu.J&T Express menjadi sebuah perusahaan jasa pengiriman dengan akses luas di Indonesia serta melayani berbagai pengiriman. Pada era globalisasi, jasa ekspedisi menjadi jasa yang paling banyak digunakan olehmasyarakat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya pembelian online yang direkomendasikan oleh pemerintah sejak diberlakukannya WFH. Besarnya penggunaan jasa J&T Express menjadikan banyak pengguna menyampaikan ulasan terkait kinerja jasa pengiriman tersebut. Didalam penelitian ini metode analisis sentimen digunakan untukmengklasifikasi serta mengolah teks ulasan jasa pengiriman J&T Express. Proses klasifikasi data pada analisis sentimen dibagi 2 kelas, yaitu kelas sentimen negatif dan kelas sentimen positif. Terdapat 500 data yang digunakan dan terbagi menjadi 400 data latih dan 100 data uji. Dari total 400 data latih terdiri dari 237 kelas negatif dan 163 kelas positif. Berdasarkan hasil dari penelitian menghasilkan akurasi sebesar 87%, presisi kelas positif sebesar 70%, presisi kelas negatif sebesar 95%, dan error rate sebesar 13%.
Copyrights © 2022