Banyak anak-anak kita yang masih memendam kebakatanya, karena merasakurang percaya diri dengan kemampuan yang dia miliki. Sehingga bakat anaktersebut tidak tersalurkan. Kita sebagai orang tua dan guru harus memotivasianak-anak kita. Karena anak berbakat berbeda dengan anak pintar. Bakat berartimempunyai potensi, sedangkan pintar bisa didapat dari tekun mempelajarisesuatu. Meskipun tekun namun tidak berpotensi, seseorang tidak akan bisaoptimal seperti halya anak berbakat. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalahkita sebagai orang tua dan guru memberikan motivasi sepenuhnya pada anakanak kita untuk menonjolkan keberbakatan anak-anak kita. Subjek dalampenelitian ini anak yang memiliki kebakatan dalam menari. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa lingkungan sangat berpengaruh dalam dinamika motivasianak berbakat. Pada proses penelitian lingkungan subjek baik disekolah maupundirumah sangat mendukung, namun subjek mudah putus asa saat adapembicaraan yang menyinggungnya.
Copyrights © 2020