JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

KAMPUS MENGAJAR: UPAYA TRANSFORMASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI NUSA TENGGARA TIMUR

Engelbertus Nggalu Bali (Universitas Nusa Cendana)
Beatriks Bunga (Universitas Nusa Cendana)
Sartika Kale (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana program kampus mengajar dapat mentransformasi kemampuan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi peserta didik di SD. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara. Wawancara dilakukan kepada 10 orang mahasiswa yang yang tersebar di 10 SD. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari data collection, data,reduction , data display, dan conclutions. Hasil penelitian menggambrakan kontribusi mahasiswa kampus mengajar dalam mengakselerasi kemampuan numerasi dan literasi melalui kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dengan menggunakan metode dan media yang menyenangkan, melakukan private bahasa inggris secara online, medampingi peserta didik dalam kegiatan membaca dan berhitung. Sedangkan terkait dengan adaptasi teknologi peserta didik diperkenalkan dan didampingi penggunakan computer/laptop, penggunaan google form, google meet, Zoom. Selain itu mahasiswa kampus mengajar membantu guru dalam menyiapkan administrasi pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...