EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Profil Penalaran Relasional Siswa Laki-laki Maskulin dan Perempuan Feminin dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

E’en Rochaini (Universitas Negeri Surabaya)
I Ketut Budayasa (Universitas Negeri Surabaya)
Rini Setianingsih (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penalaran relasional siswa laki-laki maskulin dan perempuan feminin dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatof dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan tes Bem Sex Role Inventory untuk mengetahui kecenderungan gender, lembar tes penalaran relasional dan pedoman wawancara untuk mengetahui profil penalaran relasional siswa. Subjek  penelitian terdiri dari dua orang siswa kelas VIII SMP dengan gender laki-laki maskulin dan perempuan feminin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran relasional siswa laki-laki maskulin dan perempuan feminin memenuhi semua tahap penyelesaian masalah. Selain itu antara siswa laki-laki maskulin dan perempuan feminin memiliki cara atau solusi yang berbeda dalam menyelesaikan masalah matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...