EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Kebijakan Pembelajaran Daring dalam Pembangunan Karakter Mahasiswa

Ermanovida Ermanovida (Universitas Sriwijaya)
Aulia Utami Putri (Universitas Sriwijaya)
Yosi Arianti (Universitas Sriwijaya)
Norma Juainah (Universitas Islam Negeri Raden Fattah)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan pembelajaran daring di Universitas Sriwijaya. Pelaksanaan kebijakan ini dengan studi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam pembangunan karakter. Implementasi kebijakan dilaksanakan untuk melihat berbagai nilai-nilai karakter mahasiswa yang muncul saat pembelajaran dilaksanakan dengan metode permainan, mengingat masih terjadinya pandemic COVID-19 di Indonesia maka pelaksanaan penelitian dilakukan secara daring. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus, yang terdiri dari 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan analisis data. Kemudian. penelitian yang dilakukan dengan observasi pada pembelajaran Pkn Mahasiswa Jurusan Pertenakan di UPT-MPK Universitas Sriwijaya. secara online. Permasalahan utama akibat covid-19 sehingga pembelajaran dilakukan secara daring akibatnya perlu inovasi dan metode pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran dilakukan dengan menarik dan asik dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan metode pembelajaran karakter yang dilakukan menimbulkan berbagai karakter yang mucul saat awal perkuliahan daring dari awal pertemuan 1 sampai ke 16 kali pertemuan setelah Implementasi kebijakan pembelajaran daring dikeluarkan serta metode pembelajaran berbasis permainan menimbulkan pembangunan karakter mahasiswa meningkat berdasarkan hasil, bahasa, dan observasi yang dilakukan. Berdasarkan data yang ada penelitian ini dilakukan menggunakan teori Edward III untuk menjawab berbagai permasalahan tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...