EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Analisis Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Belajar dalam Menyelesaikan Tugas Akhir di Masa Pandemi COVID-19

Cahya Tri Purnami (Universitas Diponegoro, Indonesia)
Atik Mawarni (Universitas Diponegoro, Indonesia)
Hanifa Maher Denny (niversitas Diponegoro, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2022

Abstract

Salah satu kegiatan mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studinya adalah membuat tugas akhir. Pandemi corona virus-19 (COVID-19) telah mengubah banyak kegiatan masyarakat dan munculnya kebijakan yang dilakukan pemerintah di berbagai negara, termasuk di bidang pendidikan baik pembelajaran maupun tugas akhir. Sebanyak 82,4% mahasiswa  menganggap model pembelajaran tersebut lebih menyulitkan dibandingkan dengan pembelajaran seperti biasa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei, dengan pendekatan deskriptif analitik, dilakukan pada tahun 2020. Sebagai responden adalah   mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir sebanyak 242 dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara umum terdapat 30,2% menyatakan tidak puas untuk bimbingan tugas akhir dilakukan secara daring. Menggunakan uji Chi Square terdapat hubungan beberapa variable seperti usia (p=0,001 < 0,05), status pernikahan  (p=0,001 < 0,05), aktifitas pekerjaan dengan kepuasan dalam mengikuti bimbingan tugas akhir secara daring dengan kekuatan asosiasi yang lemah. Disarankan perlu adanya strategi khusus dalam bimbingan tugas akhir secara daring sehingga mahasiswa tidak merasa bosan untuk mengikuti  bimbingan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...