Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 11, No 01 (2022): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Model Tahfidz Alquran di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan

Saiful Akhyar Lubis (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan)
Achyar Zein (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Anjai Lasri Limbong (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Bagaimanakah Program pembelajaran Tahfidz Alquran di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan, Apa kendala yang dihadapi Tenaga Pendidik di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan saat proses pembelajaran Tahfidz Alquran dilakukan, Bagaimanakah Evaluasi Pembelajaran Tahfidz Alquran di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan, Bagaimanakah Mekanisme Rekruitment Tenaga Pendidik Tahfidz Alquran di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan field Research yang mana studi ini juga sering disebut dengan studi lapangan, dalam studi ini ada beberapa cara atau teknik yang peneliti lakukan untuk mendapatkan data, yaitu 1) dengan teknik wawancara, 2) observasi dan 3) studi dokumen. Dari hasil penelitian mengungkapkan temuan sebagai berikut 1) Program pembelajaran Tahfidz Alquran dilakukan pada pagi hari yakni mulai pukul 07.30 hingga 10.00 Wib. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tiga tahapan yakni, a). Murojaah hafalan hari sebelumnya, b). Menambah hafalan baru, c). Setoran hafalan. pelaksanaan ini diawasi oleh seorang kordinator dan tanggung jawab penuh diserahkan oleh kepala sekolah kepada Kordinator Tahfidz Alquran. 2) Kendala yang di hadapi tenaga pendidik dalam menjalankan pembelajaran Tahfidz Alquran terdapat dua hal yakni kendala Internal dan kendala eskternal, adapun kendala Internal ialah, metode yang belum tepat dan kurangnya pelatihan terhadap metode pembelajaran Tahfidz Alquran, adapun kendala eksternal ialah, rendahnya dorongan orang tua terhadap siswa dan berbedanya kemampuan setiap anak dalam menerima pembelajaran dan timbulnya kejenuhan pada anak pada saat menghafal. 3) Evaluasi pembelajaran Tahfidz Alquran dilakukan dengan tiga tahapan pada setiap satu semester, yakni adanya a). evaluasi bulanan, b). evaluasi tengah semester dan c). evaluasi akhir semester, 4) Rekruitmen tenaga pendidik dilakukan dengan dua tahapan yakni tes lisan dan tulisan dan syarat utama ialah, memiliki hafalan Alquran sesuai dengan target peserta didik yakni 5 Juz Alquran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam - EI: adalah peer review jurnal nasional yang diterbitkan oleh Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor pada program studi Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini berfokus pada isu-isu pendidikan Islam. Kami mengundang ilmuwan, peneliti, serta ...