Issues in Mathematics Education (IMED)
Vol 6, No 1 (2022): Maret

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perpangkatan dan Bentuk Akar Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Perbedaan Gender

Usman Mulbar (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Nasrullah Nasrullah (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Yulinar Yulinar (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jenis kesalahan, (2) tingkat kategori kesalahan, dan (3) penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal perpangkatan dan bentuk akar berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Terdapat enam subjek penelitian yaitu tiga siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki cenderung melakukan kesalahan konflik level respon dengan kategori kesalahan cukup tinggi dimana siswa sudah berusaha dalam menyelesaikan soal akan tetapi siswa kurang memahami konsep pengerjaan soalnya sehingga gagal mendapatkan kesimpulan yang tepat. Selain itu, siswa hanya menuliskan jawaban akhirnya tanpa disertai alasan atau langkah penyelesaian yang jelas yang disebabkan karena siswa tidak mengetahui cara yang tepat untuk mengerjakan soal. Sedangkan siswa perempuan cenderung melakukan kesalahan masalah hirarki keterampilan dengan kategori kesalahan kecil dimana siswa kurang menguasai keterampilan dalam menghitung beberapa operasi hitung yang terdapat dalam langkah penyelesaian soalĀ  dan cenderung melakukan kesalahan selain ketujuh kategori Watson dengan kategori kesalahan kecil dimana siswa tidak menjawab soal karena siswa tidak mengetahui langkah penyelesaian yang harus digunakan dalam pengerjaan karena siswa jarang mengerjakan soal dengan bentuk yang berbeda.Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Perpangkatan dan Bentuk Akar, Kriteria Watson, GenderThis study aims to determine: (1) the types of errors, (2) the level of error categories, and (3) the causes of students making mistakes in solving problems of rank and root form based on Watson's criteria in terms of gender differences. The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. There are six research subjects, namely three male students and three female students. The instruments used in data collection were test instruments and interview guidelines. The results showed that male students tended to make errors in the response level conflict with a fairly high error category where students had tried to solve the problem but students did not understand the concept of working on the problem so they failed to get the right conclusion. In addition, students only write the final answer without being accompanied by a clear reason or step for solving it because students do not know the right way to work on the problem. Meanwhile, female students tend to make mistakes in the skill hierarchy problem with the small error category where students lack the skills to calculate some arithmetic operations contained in the problem solving step and tend make mistakes other than the seven Watson categories with the small error category where students do not answer questions because students do not know the steps. solution that must be used in the work because students rarely work on problems with different forms.Key Words: Error Analysis, Powers and Root Forms, Watson Criteria, Gender

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imed

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of IMED presents new ideas, developments, and innovations in mathematics education. It involves attempts to enhance teaching and learning mathematics in the classroom at all levels. It deals with educational articles from research, recent issues, and literature reviews. All paper related to ...