Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol 16, No 2: Al Qalam (Maret 2022)

Peningkatan Eksistensi Budaya Islamofobia Dalam Kehidupan Masyarakat Korea Selatan (Studi Kasus: Tindakan Penolakan Masyarakat Setempat Terhadap Pembangunan Masjid)

Anggi Putri (International Relations Universitas Tanjungpura)
Hardi Alunaza (Unknown)
Desy Nur Shafitri (Unknown)
Annisa Ernianda (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Masyarakat beragama Islam sebagai kaum minoritas di Korea Selatan akhir-akhir ini terus menerima ujaran kebencian dari warga sekitar. Penolakan terhadap ajaran dan budaya Islam membuat masyarakat setempat memblokir eksistensi Muslim di Korea Selatan. Salah satunya terjadi ketika warga berbondong-bondong menolak pembangunan masjid di daerah Daegu, Korea Selatan. Diketahui penduduk setempat membuat petisi sehingga pemerintah setempat menghentikan pembangunan masjid tersebut. Penolakan masjid di tengah pembangunan  juga dipicu oleh masyarakat Korea Selatan yang tidak suka ada fasilitas keagamaan seperti gereja atau masjid di pemukiman penduduk. Dalam meneliti isu yang diangkat, penulis akan membagi fokus pembahasan menjadi 3 bagian yaitu pemaparan penulis mengenai awal mula masuknya Islam ke Korea Selatan, kemudian penulis akan melanjutkan pembahasan mengenai sentimen Islamofobia dalam tatanan masyarakat Korea Selatan terhadap Umat Muslim dan diakhiri dengan pembahasan mengenai eksistensi dari Islamofobia di Korea Selatan saat ini dengan lebih khusus melihat ke dalam satu studi kasus yaitu mengenai penolakan pembangunan Masjid oleh penduduk setempat di daerah Daegu, Korea Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penulisan deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi dari Islamofobia di Korea Selatan kini terbilang meningkat sebab didapati “Kebijakan Diskriminatif” terhadap hak Umat Islam sebagaimana permasalahan yang terdapat pada studi kasus yang dilakukan oleh penulis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...