cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
ISSN : 19074174     EISSN : 26210681     DOI : -
Core Subject : Social,
ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. Jurnal ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang terkait dengan isu ke-Islaman yang berhadapan dengan isu sosial seperti pendidikan, sejarah, komunikasi, sosial politik, hukum, ekonomi, dan lainnya. Scope ini dijabar dalam fokus isu per edisi yang membahas isu sosial kontemporer seperti, kearifan lokal, urban dan multikultural.
Arjuna Subject : -
Articles 559 Documents
PENERAPAN METODE MEMBACA ALQURAN PADA TPA DI KECAMATAN AMUNTAI UTARA (Studi pada metode Iqra dan metode Tilawati) Hamdani, Muhamad
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 11, No. 24, Juli-Desember 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan metode membaca Alquran pada TPA dikecamatan Amuntai Utara dengan permasalahan yang akan diangkat yaitu bagaimana Struktur pembelajaran ( Kurikulum), pendekatan yang dilakukan, langkah-langkah pembelajaran serta seperti apa karakteristik para Ustadz dan Ustdzah pengajar dan seberapa besar efektifitas metode yang diterapkan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan mixed Method yakni metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam hal metodologi (seperti dalam tahap pengumpulan data), dan kajian model campuran memadukan dua pendekatan dalam semua tahapan proses penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumenter. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif untuk menjawab bagaimana penerepan metode membaca Alquran pada TPA di Kecamatan Amuntai Utara, sedangkan untuk mengukur Seberapa besar efektifitas metode membaca Alquran pada TPA di kecamatan Amuntai Utara digunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan software SPSS untuk melihat rata-rata metode yang diterapkan pada TPA dikecamatan Amuntai Utara.Hasil penelitian diketahui bahwa penerapan metode membaca Alquran pada TPA di Kecamatan Amuntai Utara sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca Alquran santri. Hal ini dapat dilihat dari ;Kurikulum yang telah diterapkan. pada masing-masing TPA telah memiliki kurikulum yang diterapkan sesuai dengan metode, Pendekatan pembelajaran Alquran di TPA yang menerapkan metode Iqra lebih berorientasi kepada pendekatan individual. Sedangkan TPA yang menerapkan metode tilawati mengkombinasi antara keduanya pendekatan individual dan klasikal, Langkah pembelajaran dari masing-masing metode memiliki langkah pembelajaran yang berbeda, Efektivitas metode Iqra dibanding dengan metode Tilawati berdasarkan hasil perhitungan statistiknya tidak ada perbedaan yang signifikan,karena diketahui bahwa nilai T hitung 0,656 sedangkan nilai T tabel 0,449 sehingga dapat diketahui bahwa T hitung = 0,656 > T tabel 0,449 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima yaitu tidak adanya perbedaan yang signifikan antara efektifitas metode Iqra dan metode Tilawati dengan kemampuan membaca Al-Qur’an.
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN SAMARINDA 2018 Edy Murdani Z
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 12, No. 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (963.538 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.59

Abstract

This study aims to explore information about the implementation of learning strategy of Arabic education program IAIN Samarinda, the object of this study are lecturers who teach on arabic education study program that is determined by using purposive sampling, in this study, researchers used interview techniques, observation and documentation, while the research desainused is a qualitative approach with the result of a description that aims to find the pattern of information obtained in the field In this case, the result of the research is (1) Impelementation of learning strategy in IAIN Samarinda arabic study program runs well which is normative implementation, it is shown by the implementation of learning that has been done by the lecturer of course runs according to its function, such as preparing syllabus and learning tools, using strategies and techniques in teaching, and evaluating at the end of the course. (2) The strategy used in learning in IAIN Samarinda arabic education program is active learning for speaking skill, cooperative learning for skill, qowaid wa tarjamah for learning element of language of nahwu, shorof and tarjamah, and for reading skill is qiraah shomitah and jahriyah, drill and awlawiyat for writing skills. (3) Factors supporting the implementation are: a. Able to prepare instructional devices at each meeting b. Pengampu determine appropriate strategies and techniques in adjusting teaching materials c. The availability of learning media well (4) The inhibiting factor of the implementation is the learning is a. Qualification of students, so the implementation of the strategy must be really on target and adjust the cognitive level of students b. Distribution of courses not all speak Arabic
KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Kewibawaan Pada Pondok Pesantren Salafiyah, Modern, dan Kombinasi) Fithriah, Nor
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 12, No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesantren merupakan salah satu jenis lembaga pendidikan Islam Indonesia yang bersifat tradisional untuk mendalami ilmu agama Islam dan mengamalkannya sebagai pedoman hidup keseharian. Pesantren telah diakui sebagai lembaga pendidikan yang telah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Khazanah riwayat pesantren menggambarkan betapa kuat pengaruh kewibawaan kyai, mereka menjadi kiblat para pengikutnya. Kebijakan yang seringkali dituangkan secara lisan dijadikan pegangan, sikap dan tingkah lakunya sehari-hari dijadikan panutan, bahasa kiasan yang dilontarkannya acapkali menjadi bahan renungan, karena itu mekanisme administrasi pondok pesantren baik yang berkaitan dengan struktur organisasi kepemimpinan maupun arah perkembangan pesantren, tidak lepas dari peranan kyai. Dengan demikian, seringkali visi kyai merupakan barometer pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan langsung di lokasi penelitian, yakni pada tiga Pondok Pesantren yang ada di Kalimantan Selatan yaitu Pondok Pesantren Nurul Muhibbin (Barabai), Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Amuntai), dan Pondok Pesantren Al Falah (Banjarbaru).
PENDIDIKAN BERBASIS EKSISTENSIALIS Assya’bani, Ridhatullah
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 11, No. 23, Januari-Juni 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dunia saat ini dihadapkan pada—apa yang disebut oleh Ziauddin Sardar sebagai—global problematique, problem yang terintegrasi dengan berbagai peristiwa global. Situasi ini tanpa disadari telah menubuh pada hampir setiap negara, termasuk Indonesia, dan menimbulkan kemulut muliti-dimesional yang menjadi rangkaian interdependensi masalah. Usaha untuk melakukan perubahan pada akhirnya menjadi utopis dan nyaris mustahil. Gagasan pemuda eksistensialis dinantikan untuk menjadi tawaran alternatif bagi kemelut ini. Salah satu langkah melahirkan pemuda eksistensialis adalah dengan merekontruksi pola pikir dan membenahi karakter. Melalui rekontruksi ini diharapkan pemuda eksistensialis mampu menegasikan utopia perubahan itu, karena pemuda eksistensialis merupakan mereka yang tidak hanya bebas dalam menentukan arah hidup, tetapi juga mereka yang mampu bertanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukannya. Alhasil, sebagai solusi dari global probelmatique, pemuda eksitensialis diharapkan lahir dengan ide-ide cemerlang dan merealisasikannya secara total. Implikasi dari studi ini, secara teoritis, pemuda eksistensialis bukan mereka yang menyerah pada kondisi sosial yang carut-marut, melainkan mereka yang berusaha menunjukkan eksistensinya dan merangkul yang ada di sekitarnya untuk menciptkan tatanan sosial yang kondusif. Secara praksis, kajian ini menjadi langkah penyadaran terhadap pemuda bahwa mereka seharusnya memiliki pemikiran integralistik dan eksistensialis dengan menempatkan dirinya sebagai individu yang berperan penting dalam mendesain berbagai keilmuan seraya menyadari ke-diri-annya dalam dunia yang faktis ini.
EVALUASI KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Dony Ahmad Ramadhani
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.155 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.54

Abstract

Evaluasi bahasa selama ini lebih difokuskan kepada keterampilan yang berbasis komunikasi secara tertulis, hal ini dapat dilihat dari evaluasi yang dilaksanakan selama ini, tes yang diberikan sering berbentuk ganda dan essai. Padahal jika diperhatikan lebih seksama, komunikasi dari sisi lisan sangat penting untuk digalakkan dengan banyaknya orang-orang Arab yang datang ke Indonesia. Kedatangan mereka memiliki berbagai macam maksud, ada yang hanya sekedar ingin belajar, ada juga sekedar ingin berkunjung, bahkan ada yang datang ke Indonesia dengan maksud dan tujuan bekerja, seperti menjadi dosen atau pengajar. Tentunya hal ini akan menjadi kesempatan buat para pelajar untuk berkomunikasi langsung dengan orang-orang tersebut, baik karena ingin belajar secara mendalam bahasa yang dipelajari ataupun mendapat pengetahuan. Dengan melihat keadaan tersebut, maka evaluasi dalam keterampilan berbicara sudah seharusnya mulai diperhatikan, guna mencapai tujuan dari berbahasa itu sendiri, yakni berkomunikasi.
نظام النقحرة من اللغة العربية إلى اللغة الإندونيسية Ade Destri Deviana
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1091.991 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.51

Abstract

إن اللغة لها خصائص تتميّز باللغة الأخرى كانت في مجال النطق وصوتها، أو في قواعد كتابتها أو غيرها.  وهي علامة ورموز. وعندما تُكتب أو تُحوّل إلى اللغة الأخرى فكانت مسائل المنظورة من اللغة الأصلية لأنهما (اللغة الأصلية واللغة الأخرى) تفريقان في النطق، والصوت، والتركيب، والجمل. خصوصا في الإندونيسيا. أن الإندونيسيا يستخدم اللغة الإندونيسية التي بالحروف اللاتينية. وهو بلاد التي يسكن المسلمون والمسلمين. عادة، ويحتاجون عن العلوم الإسلامية  تكتب باللغة العربية بالحروف الهجائية. هذه الصعبة لهم. إذن يحتاج تحويل اللغة العربية إلى اللغة الإندونيسية أو الحروف الهجائية إلى الحروف اللاتينية. وهي تسمى بالنقحرة (transliteration).لذلك، تنقل اللغة إلى اللغة الأخرى في ناحية الترجمة أو الكتابة  فينبغى لها  النظام المعيّن واللازم لعملية النقل والتحويل من مراعاة المعنى المحتوى في اللغة المنقولة (اللغة الأصلية) لسهلة فهمها وتعريف عن نطقها.في الإندونيسيا، النقحرة هي إحدى المشكلات في الكتابة. كانت الكلمات المحوّل بالنقحرة من اللغة العربية  إلى اللغة الإندونيسية متردّدة للقارء الذي يفهمها. مثلا كلمة "قلب" في قاموس اللغة الإندونيسية الرسمية واللازمة تكتب بــ"kalbu". وحقيقة النقحرة لكلمة "قلب" هي "qalbu" بمعنى hati. وكلمة "kalbu" في اللغة العربية هي "كلب" بمعنى anjing. هذه المشكلة للمدرّس أيضا أن يشرح إلى الطلبة عن النقحرة في الإندونيسا لأنها تفريقة بين النظام المعيّن في القانون والنظام المكتوب في قاموس اللغة اللإندونيسية (KBBI).في هذا البحث، فأخذت الباحثة أن يعرف نظام النقحرة المعيّن من اللغة العربية إلى اللغة الإندونيسة بالقانون. ثمّ قارنت تلك النقحرة بالنسبة إلى بعض النواشر (publishers) تدوّر في الإندونيسيا حتى تكتشف الباحثة عن نظام النقحرة في الإندونيسا. في عملية البحث، أن الباحثة تستطيع أن تعرف أن نظام النقحرة هي أهم الأمور في تأليف الكتب والمجلات والمقالات وغيرهها، أو لا سيما  ترجيمها. ويكون النواشر للكتب قد عيّن نظام النقحرة لكتابتها حتى يمكن أن يقع خلاف  ولكنهم يصدرون بتعيين الجمهور العامة عن النقحرة اللازمة وهو قرار القانون  No. 158/1987 dan No. 0543 b/U/1987.
TAFSIR AYAT KAUNIYAH Rusydi, Akhmad
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Al-Qur`an adalah kitab suci umat Islam yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya Muhammad SAW sebagai mu`jizat terbesar, serta sebagai salah satu pedoman bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan baik di dunia maupun di akhirat. Kandungan Al-Qur`an tidak hanya berbicara tentang masalah akidah, fiqih dan semisalnya yang berhubungan dengan persiapan seorang hamba menuju alam akhirat saja. Al-Qur`an juga berbicara tentang sejumlah tanda-tanda kebesaran Allah SWT dalam penciptaan alam ini, petunjuk bagi manusia dalam kehidupan mereka di dunia, berupa perputaran bulan, bumi dan matahari pada porosnya yang menjadi petunjuk bagi mereka dalam banyak aktifitas mereka. Terdapat banyak ayat-ayat yang berbicara tentang kaun (alam) dalam Al-Qur`an yang seandainya dikaji secara serius oleh umat Islam di zaman modern ini, akan menambah keimanan terhadap kebenaran Al-Qur`an yang diturunkan dari sisi Allah SWT.
PENGELOLAAN MADRASAH PADA PESANTREN DI PONDOK PESANTREN AL FALAH PUTERA BANJARBARU Muhamad Ramli
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 12, No. 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.435 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.47

Abstract

This study aims to reveal about the management of madrasah in pesantren in Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru in terms of organizing, implementation of education and curricular programs, and supervision. This research uses qualitative approach with research subject are leader of Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru, Head of Madrasah every education level held at Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru, that is Head of Madrasah Aliyah Al Falah Putera, Head of Madrasah Tsanawiyah Al Falah Putera, board of curriculum , student affairs officers, administrative division, teachers and students at madrasah in Pondok Pesantren Al Falah Putera. Data collection is done by observation, interview and document analysis. The validity of data is done by extending the time of research and triangulation. Data analysis technique used is with interactive analysis model. The results showed that; The management of madrasah at pesantren in Pondok Pesantren Al Falah Putera viewed from the organizing aspect, this pesantren has organizational structure from the top level to the bottom with accompanied by clear delegation of authority and responsibility so that every member can work efficiently. The delegation has also been running well so that the organization can use its resources efficiently. As for the management of madrasah in pesantren in Pondok Pesantren Al Falah Putera viewed from curricular exercise, in this pesantren curricular program development has been going well, because between curricular madrasah with curricular pesantren has been systematized in accordance with the basic framework of pesantren development since its inception. With systematized every activity undertaken concerning curricular program between madrasah and pesantren become easily synchronized, so that can minimize conflict which can disrupt work climate and organization of boarding school. Then viewed from the aspect of supervision, boarding school Al Falah can easily control and supervise all activities of the santri, because between boarding activities with madrassas have been well structured, according to ladder and time. There are four elements that conduct supervision for the smoothness of learning activities in this pesantren, the four elements are; leader of Pesantren, coordinators/head of Madrasah, ustadz/teachers, seneor santri/students.
MEDIA MUSIK(LAGU) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TINGKAT MI Hasan Hasan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.223 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.53

Abstract

Pemanfaatan musik sebagai media pembelajaran yang menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Musik dapat menyeimbangkan kecerdasan intelektual dan emosional sehingga akan memberikan hasil yang baik bagi siswa. Selain itu musik juga mempengaruhi kondisi fisiologis. Kondisi fisiologis yang relaks akan membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti proses belajar. Relaksasi yang diiringi dengan musik membuat pikiran selalu siap dan mampu untuk lebih berkonsentrasi dalam menerima pelajaran. Jika hal tersebut dipergunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di berbagai tingkatan khususnya tingkat MI yang notabene usia mereka adalah usia bermain maka akan menghasilkan sesuatu yang sangat membantu dalam pembelajaran bahasa Arab.
PROBLEMATIKA LINGUISTIK (ILMU AL-LUGHAH) DALAM PENERJEMAHAN BAHASA ARAB KE BAHASA INDONESIA Syahabudin Nur
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (872.725 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.52

Abstract

Pengalih bahasaan (penerjemahan) dewasa ini sudah menjadi kebutuhan di kalangan akademik maupun di dunia penelitian, hal itu dikarenakan semakin majunya dunia teknologi sehingga akses ilmu pengetahuan maupun agama sangat mudah didapat. Terbukti dengan adanya internet membuka jalan manusia untuk maju kedepan segala ilmu bisa di dapat hanya dengan sebuah kata kunci yang diinginkan. Akan tetapi ada hal yang masih menjadi kendala dalam penyerapan informasi pengetahuan maupun agama yaitu ketika informasi tersebut berbahasa asing yang bukan bahasa ibu dari pembaca. Hal itu akan menjadi kesulitan tersendiri bagi pembacanya khususnya kalangan pelajar, banyak problem yang ditemukan baik dari segi bahasa sumber yang tidak dipahami maupun budaya dari pengguna bahasa tersebut. Diawali dari problem itulah lahir para penerjemah bahasa  diberbagai negara untuk mengatasi kesulitan tersebut dan negara yang termasuk mempunyai kebutuhan informasi dan buku penerjemahan yang banyak adalah negara Indonesia. Adapun bahasa yang diterjemahkan dan diminati oleh orang Indonesia adalah bahasa Arab. Bahasa Arab bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan primer karena semua sumber ilmu agama dan praktek Ibadah mayoritas orang Indonesia menggunakan bahasa Arab. Sejauh ini Bahasa Arab masih menjadi kesulitan bagi orang Indonesia khususnya para pelajar Indonesia dan paling dominan kesulitan yang dihadapai pelajar Indonesia adalah problem linguistik yang meliputi, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik..Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan wawasan yang berhubungan dengan problematika penerjemahan bahasa Arab ke bahasa Indonesia khususnya pada kajian linguistik Morfologi, Sintaksis, Semantik dan Deksripsi-deskripsi kesalahan yang berkembang dikalangan pelajar Indonesia. Kiranya tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan bisa menjadi bahan bacaan yang membantu mengembangkan ilmu penerjemahan sehingga nantinya bisa memberikan sumbangsih keilmuan dibidang yang kita minati yaitu bahasa Arab.

Page 1 of 56 | Total Record : 559