Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education

Analisis Kualitas Soal UAS Biologi SMA Kelas X dan XI MIA

Amelia Sapitri (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Tuti Kurniati (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Asri Yuliawati (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Analisis soal memiliki peranan penting dalam mendapatkan kualitas butir soal yang baik untuk dijadikan sebagai alat evaluasi. Namun, fenomena yang terjadi banyak guru yang belum menganalisis kualitas soal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas soal UAS Biologi kelas X dan XI MIA SMA Negeri 1 Terusan Nunyai berdasarkan analisis teoritis dan empiris. Metode yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasilnya kualitas soal kelas X berdasarkan analisis teoritis 32% baik, 20% sangat baik, 12% sedang, 28% kurang baik, dan 8% tidak baik. Sedangkan kelas XI 52% sangat baik, 36% baik, 4% kurang baik, dan 8% tidak baik. Kualitas butir soal kelas X berdasarkan analisis empiris 48% sedang, 20% kurang baik, 16% tidak baik, dan 16% baik. Pada kelas XI 32% baik, 24% kurang baik, 20% sedang,12% sangat baik, dan 12% tidak baik. Level kognitif yang digunakan kelas X C1 dan C2, serta kelas XI C1,C2,C3,dan C4. Mayoritas kualitas soal kelas X secara teoritis merupakan soal yang baik dan secara empiris sedang, serta mayoritas kualitas soal kelas XI secara teoritis sangat baik dan secara empiris baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...