Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education

Validitas Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di SMP

Lailatul Mufidah (Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kyai Ahmad Siddiq Jember)
Mohammad Wildan Habibi (Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kyai Ahmad Siddiq Jember)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam adalah sebuah ilmu yang menghubungkan antara alam bahkan manusia yang sangat luas serta terbentuk secara ilmiah. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi di era globalisasi proses belajar mengajar menjadi modern. Perlunya menggunakan media web yang praktis dan efektif mendukung keberhasian pembelajaran IPA dan menambah pengetahuan teknologi yang ada di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dan respon siswa mengenai media pembelajaran berbasis web. penelitian ini menggunakan model tahapan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Akan tetapi peneliti hanya sampai tahapan implementasi karena adanya keterbatasan waktu. Subjek penelitian ini terdiri dari dua dosen, dua guru, 10 siswa  dalam uji skala kecil, serta 30 siswa untuk uji skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran web pada materi sistem pernapasan manusia dikategorikan valid dengan persentase ahli materi 95%, ahli media 88%, guru TIK 84% serta  guru IPA 92% sehingga persentase keseluruhan yaitu 90%  layak digunakan sebagai alat bantu siswa mengenai materi sistem pernapasan manusia. Berdasarkan penelitian yang telah diterapkan oleh peneliti bahwa media ini harus lebih dimodifikasi dari segi konten agar kedepannya semakin berkembang serta pendidik harus lebih memahami dan mempelajari teknologi yang lebih lanjut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...