Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education

Pengaruh Penggunaan Media Pengajaran Visual Pada Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Rahmatul Asri Enrekang.

Mursalim Nawawi (Sekolah Menengah Atas Rahmatul Asri Enrekang, Sulawesi Selatan)
Sitti Jumriani (Sekolah Menengah Atas Rahmatul Asri Enrekang, Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan media pengajaran visual model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Data aktivitas belajar menggunakan tabel pengamatan aktivitas kooperatif awal, menengah, dan tingkat mahir. Sedangkan data hasil belajar berupa pengetahuan, diperoleh dengan tes hasil belajar dalam bentuk  instrumen soal ujian yang hasilnya dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksprimen, aktivitas belajar terjadi peningkatan yang cukup baik dan bersemangat belajar  pada tiap pertemuan, sedangkan kelas kontrol aktivitasnya terlihat fluktuatif, kadang  terjadi peningkatan, kadang pula terjadi penurunan aktivitas belajar. Begitupun dari segi hasil belajar, siswa dikelas eksprimen, hasil belajarnya lebih baik  daripada hasil belajar siswa di kelas kontrol. Penggunaan media pengajaran visual pada setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar yang terjadi secara terus menerus akan meningkatkan hasil belajar dengan sendirinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...