Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 2, April 2022

Efektifitas Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Pada Siswa Sekolah Dasar

Gideon Mansa (Poltekkes Kemenkes Sorong, Indonesia )
Ruth Faidiban (Unknown)
Alva Cherry Mustamu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Pendahuluan:  COVID-19 yang menginfeksi anak-anak hanya menunjukkan gejala infeksi virus musiman seperti flu, batuk, dan demam sehingga sering diabaikan oleh orangtua. Sejak dini anak-anak harus mulai diperkenalkan pada rasa tanggungjawab dan rasa peduli terhadap lingkungan dan diri sendiri terlebih dalam masa darurat pandemi di mana anak-anak adalah kelompok usia yang rentan tertular. Ketepatan memilih metode Pendidikan Kesehatan akan meningkatkan pemahaman konsep yang di berikan dan kreativitas peserta.Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media audiovisual terhadap kepatuhan pelaksanaan protocol Kesehatan pencegahan covid-19 pada siswa sekolah dasarMetode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian  quasi eksperimen dengan pendekatan one group only pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah  30 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah total sampling. Analisis data dalam penelitian ini adalah Wilcoxon test.Hasil: Hasil uji statistic menunjukan p-value menunjukan <0.001 setelah diberikan intervensi audiovisual pendidikan Kesehatan pelaksanaan protocol Kesehatan pencegahan covid-19Kesimpulan: terdapat pengaruh media audiovisual terhadap kepatuhan pelaksanaan protocol Kesehatan pencegahan covid-19 pada anak sekolah dasar. Sebaiknya guru di sekolah dasar dapat menambah materi tentang pencegahan covid-19 saat pelaksanaan proses belajar mengajar dengan metode yang menarik seperti audiovisual.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...