Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 3 (Juli 2022)

Analisis Perkembangan Psikologis Anak Yang Tumbuh Dalam Keluarga Step Parent

Imam Tabroni (STAI Dr. KH. EZ. Mutttaqien Purwakarta)
Agus Mukholid (Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta)
Silawati Silawati (STIQ Rakha Amuntai)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2022

Abstract

Keluarga adalah bagian terpenting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak, dalam keluarga anak mendapatkan pendidikan serta dukungan dalam kehidupannya sehari-hari. Tetapi dalam beberapa kasus, mengharuskan orang tua bercerai dan menikah kembali, sehingga anak memiliki orangtua tiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan psikologis anak yang tumbuh dalam keluarga step parent. Pendekatan penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. informan dari penelitian adalah tiga orang anak dengan usia di bawah 17 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perkembangan psikologis anak yang tumbuh dalam keluarga step parent dapat berkembang baik seperti anak yang tumbuh dalam keluarga pada umumnya, tergantung pada perlakuan orangtua tiri kepada anakĀ  dan penerimaan diri anak terhadap orangtua tirinya. Jika orang tua tiri mampu membangun bonding dengan anak, maka anak akan merasa keluarganya utuh seperti keluarga lain. Sebaliknya, jika orangtua tiri tidak mampu membangun bonding dengan anak, anak akan cenderung menutup diri dan menolak keadaan, sehingga dapat menghambat komunikasi anak dengan orang tua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...